Wednesday, February 13, 2013

Install OS400 (Bagian Empat) - Install PTF (Program Temporary Fix)

Selamat datang kembali di Blog saya - Tutorial iSeries untuk Pemula, kali ini saya akan melanjutkan seri tutorial tentang Installasi OS400 untuk mesin IBM AS400, dan ini adalah tutorial seri ke empat mengenai installasi PTF atau Program Temporary Fix. Untuk melihat tutorial yang sebelumnya anda bisa klik pada link berikut ini : 
PTF ini bisa kita sebut dengan Bug Fix, bisa yang hanya terdiri dari single (satu) Bug Fix seperti : SI45909, MF49998 atau bisa juga terdiri dari kumpulan - kumpulan Bug Fix atau yang disebut dengan Group Fix seperti Group Cummulative, Goup Hyper dan lain lain.

Proses installasi PTF biasanya diinstall setelah kita baru selesai menginstall OS400 atau License Program, dan ada PTF yang apabila selesai diinstall membutuhkan IPL (Restart Server) dan ada juga yang tidak. Untuk apa kita perlu menginstall PTF? Menurut sepengetahuan saya, ada beberapa Program di AS400 yang memang membutuhkan PTF agar dapat berjalan dengan baik, IBM di web site nya secara periodik akan selalu meng-update versi PTF dengan versi yang lebih baru, tetapi untuk beberapa aplikasi yang sebelumnya berjalan dengan versi PTF tertentu terkadang suka menjadi bermasalah apabila dilakukan upgrade terhadap PTF dengan versi yang lebih baru, jadi sangat disarankan untuk melakukan upgrade tidak langsung ke Environment / server Production, tetapi kita lakukan tes pada server Development, apabila berjalan dengan baik maka bisa diterapkan pada server Production. 

Download PTF 

PTF dapat didownload melalui web site IBM, tetapi sebelumnya kita harus membuat user account terlebih dahulu baru login menggunakan user tersebut. Setelah kita masuk ke fix central (halaman web site IBM untuk download PTF)  maka selanjutnya pada layar tersebut pilih IBM i di menu drop down Product Group pada tab Select Product, lalu klik Continue.



Kemudian akan muncul layar Identify Fix, klik radio button Cummulative and group PTF, lalu pilih V6R1. Ini kita lakukan karena kita tidak menginstall single PTF tetapi kita akan sekaligus menginstall beberapa group PTF ke server kita.


Selanjutnya klik Continue, dan pada layar yang mencul (Select fixes) klik pada check box untuk PTF yang akan kita download, pada kasus kita, kita pilih Cummulative (SF99610), dan Group Hiper (SF99609), lalu klik Continue.




Setelah itu akan muncul layar Download Options, rubah Order name dengan Group_PTF_AS400, dan klik radio button Download individual fixes to my PC for installation using Systems Director  (requires Java enabled browser)



 lalu klik Continue tunggu beberapa saat maka akan muncul layar Order Summary, di sini akan ditampilkan detail mulai dari nomor dan nama order, metode download, ukuran file, sampai daftar PTF yang akan didownload.


Dari sini kita klik lagi continue, dan proses download akan berjalan. Tunggu sampai semua proses download selesai.Apabila semua sudah terdownload, maka anda burn PTF yang sudah didownload ke CD/DVD.



Installasi PTF 

Selesai kita mendownload dan burn data nya ke CD/DVD, maka langkah selanjutanya adalah install PTF, untuk itu buka session green screen anda pada Console, dan login dengan user QSECOFR. Pada proses ini system harus dalam keadaan Restricted State, atau tidak boleh ada proses lain yang berjalan, untuk itu kita harus menurunkan semua SubSystem, lakukan dengan mengetikan command ENDSBS lalu F4, masukkan *ALL pada parameter Subsystem, dan *IMMED pada parameter How to End, dan biarkan parameter yang lain dengan nilai default, lalu enter.




Tunggu beberapa saat, sampai ada message pada bawah layar green screen anda 'System ended to restricted condition', atau kita bisa dengan command WRKSBS (Work with Subsystem), enter, akan ditampilkan bahwa pada kolom Subsystem hanya tinggal QCTL, subsystem ini adalah Controlling Subsystem, adalah Subsystem Interaktif yang akan otomatis start pada saat system dinyalakan, dan melalui Subsystem inilah kita bisa melakukan operational terhadap System kita lewat layar Console.


Lalu kita masukkan CD PTF Cummulative, dan pada command line ketik command GO PTF dan enter. Ketik 12 pada command line (Work with PTF groups), dan enter, lalu tekan enter sekali lagi, untuk ini akan ditampilkan bahwa belum ada PTF yang diinstall sebelumnya ke dalam server, (No PTF groups found).


ketik F12 untuk kembali, dan ketik 8 (Install program temporary fix package), dan enter. Lalu pada layar Install Option for Program Temporary Fixes masukkan OPT01 pada parameter Device, dan N pada parameter Automatic IPL dan biarkan parameter yang lain pada nilai default, lalu enter. Maka proses installasi akan berjalan tunggu sampai selesai.




Setelah selesai maka akan kembali ke tampilan menu Program Temporary Fix. Untuk melihat Log installasi lakukan dengan mengetik GO LICPGM pada command line, lalu pilih Option 50, apabila terdapat tulisan  PTFs installed successfully, berarti proses installasi ini berjalan sukses. 
Tekan F12 dua kali agar kita kembali ke layar Program Temporary Fix, dan pilih option 12. Akan ditampilkan daftar PTF yang kita install. Coba kita ketik F11, di sini kita akan melihat bahwa pada kolom Status terdapat tulisan Apply at next IPL, ini berarti kita harus melakukan IPL agar PTF dapat terinstall dengan sempurna. 

Selesai IPL kita kembali lagi ke menu Program Temporary Fix dan pilih option 12, maka akan ditampilkan 
seperti gambar berikut ini. 
 
Tekan F11 maka akan ditampilkan status nya berubah menjadi Installed, ini berarti bahwa installasi PTF kita telah sukses dengan sempurna.


Sampai disini, kita telah menyelesaikan seri installasi OS400 yang ke-empat. Di artikel berikutnya kita akan membahas konfigurasi - konfigurasi yang lain seperti konfigurasi IP sehingga server dapat kita gunakan melalui jaringan, mengaktifkan device - device membuat user, dan lain - lain. Sampai bertemu diartikel berikutnya.




No comments:

Post a Comment