Friday, February 8, 2013

Install OS400 (Bagian Kedua)

Hallo, ketemu lagi di tutorial AS400 bagi pemula dibagian ke dua. Kali ini kita akan melanjutkan pembahasan tentang proses installasi OS400. Bagi para pembaca yang belum membaca tutorial bagian pertama ini silahkan akses link ini.



Setelah selesai mengkonfigurasi console, lalu kita menyalakan server tidak berapa lama kemudian akan muncul window yang meminta kita untuk memasukkan Service tools user dan Service tools password (Seperti pada gambar).


Biasanya untuk server yang baru, User service tools dan Password nya bisa diisi dengan 'qsecofr' (oh iya, untuk password nya itu case sensitive, maksudnya adalah memperhatikan huruf besar dan kecil, untuk yang ini gunakan huruf kecil. Kira - kira akan menjadi seperti berikut ini.

Apabila User dan Password yang kita masukan benar, maka akan ditampilkan berturut - turut seperti berikut ini :

1. Layar Install Licensed Internal Code atau LIC.
Di layar ini terdapat menu yang terdiri dari tiga option, selanjutnya adalah pilih option satu (Install Licensed Internal Code) lalu tekan enter.


2. Layar Select Load Source Device.
Layar ini akan menampilkan Hardisk yang ada pada server AS400, dan meminta kita untuk memilih mana device yang akan dijadikan Load Source tempat OS akan di copykan, untuk ini anda bisa memilih device yang mana saja . Masukkan angka 1 pada kolom Opt pada Device yang anda pilih dan enter. 

 

3.  Layar Confirm Load Source Device.
Layar ini akan mengkonfirmasikan pilihan kita yang sebelumnya, di sini anda masih bisa kembali untuk mengganti Device Load Source dengan menekan tombol F12. Apabila sudah yakin makan tekan tombol F10.

 

4. Install Licensed Internal Code (LIC).
Pada layar ini, pilih option 2, Install Licensed Code and Initialize system. Pilihan ini akan menginitial Disk dan di lanjut dengan menginstall Licensed Code, lalu kita tekan enter. 


5. Install LIC and Initialize System - Confirmation.
Sekali lagi layar konfirmasi untuk memastikan anda apakah pilihan yang anda pilih di layar sebelumnya sudah benar, apabila kita ingin merubah pilihan kita tekan tombol F12, apabila tidak maka tekan F10 untuk melanjutkan.


6. Initialize the Disk - Status.
Disk mulai di-initialize, dan di layar ini juga menunjukan progress yang sudah berjalan dalam hitungan menit, biasanya proses ini memakan waktu paling lama dua jam.


7. Install Licensed Internal Code - Status.
Apabila initial Disk sudah selesai maka akan langsung ditampilkan layar ini, yang menunjukan proses intallasi License Code, di sini juga ditampilkan status installasi.

8. IPL or Install the System.
Setelah install License Code selesai, sekarang kita bisa mengganti CD dengan yang lain, masukan CD B2924_01 lalu pilih option 2 untuk melanjutkan proses instllasi kita selanjutnya, yaitu install OS (Operating System) tekan enter untuk melanjutkan.

9. Install Device Type Selection.
Di sini masukan option 2, yang artinya kita melakukan installasi dari Optical (CD ROM). Lalu enter.


10. Confirm Install of the Operating System.
Tekan enter untuk mengkonfirmasikan pilihan yang kita pilih adalah benar. 

11. Select a Language Group.
Pada layar ini kita tidak perlu melakukan perubahan apapun, lanjutkan dengan menekan enter. 


 12. Confirm Language Feature Selection.
Tekan enter untuk mengkonfirmasi pilihan kita yang sebelumnya.


13. Licensed Internal Code IPL Progress.
Layar ini menunjukan bahwa server melakukan IPL sebelum melakukan proses installasi OS

14. Installation Status.
Apabila proses IPL sudah selesai, maka akan ditampilkan proses installasi OS, tunggu sampai selesai. 


15. Sign On.
Selesai proses installasi berjalan semua, maka kita akan dibawa ke layar Sign On. Ketikan QSECOFR pada kolom User, lalu tekan enter.

 

16. Work with Software Agreements.
Ketikan option 5 di kolom Opt dan tekan enter, pada layar yang muncul kemudian tekan F14 (karena tombol Function di PC hanya ada 12, untuk melakukan ini tekan tombol Shift + F2 secara bersamaan), untuk melanjutkan. Lakukan langkah ini untuk tiap - tiap Licensed Program yang ada.


Sampai saat ini, proses installasi OS400 kita selesai. Untuk selanjutnya kita akan belajar untuk menginstall License Program di Install OS400 bagian ke tiga. Terima Kasih.

No comments:

Post a Comment