Wednesday, February 6, 2013

Install OS400 (Bagian Pertama) - Persiapan

Halo Bloggers, pada kesempatan ini saya akan mencoba untuk memberikan sedikit gambaran tentang installasi IBM OS400. Proses intallasi ini saya terapkan pada mesin IBM Power 7 dengan versi OS V7.

Ketika mesin sudah di keluarkan dari box nya, sambungkan kabel power ke sumber listrik, lalu perhatikan pada layar Operation Panel (dengan menekan tombol klip warna biru ke kiri, dan tarik sedikit sampai terlihat panel display nya) akan muncul angka - angka. Tunggu sampai angka - angka tersebut berubah menjadi kira - kira seperti berikut ini : 01 A N (Saya akan coba menjelaskan tentang angka - angka dan tampilan yang dapat muncul pada layar Operation Panel ini di artikel berikutnya), dan lampu led bagian luar Panel yang berwarna hijau akan berkedip.


Merubah IPL Mode


Proses installasi ini akan kita lakukan dari CD, dan server harus membaca cd tersebut pada saat proses boot nanti, untuk itu kita perlu merubah status pada Operation Panel nya menjadi D M ( bisa diartikan sebagai 'Boot server ke mode Manual dan masuk ke menu DST'). Tekan tombol yang paling kanan, yang ada tanda panah ke atas satu kali sampai pada layar panel berubah menjadi 02, lalu tekan tekan tombol tengah satu kali (enter), lalu tekan tombol up sampai huruf berubah menjadi D, dan tekan enter satu kali dan tekan tombol up sampai huruf berubah menjadi M, tekan enter dua kali sampai kembali hanya muncul angka 02, dan tekan tombol yang sebelah kanan (panah ke bawah) satu kali sampai ketemu angka 01 lalu tekan tombol tengah (enter). Di layar panel akan muncul tampilan : 01 D M.

Konfigurasi Console

Console disini berfungsi untuk memonitor proses installasi kita nantinya. Nah, console yang saya jelaskan disini adalah PC Console atau LAN Operation Console. Kita siapakan PC yang akan kita jadikan console dan kita install IBM Client Access di PC tersebut. Hubungkan PC dengan Server dengan kabel LAN, pada server AS400 terdapat dua port embeded yang bisa kita gunakan untuk console kita, pilih salah satu dan hubungkan ke port ethernet yang ada di PC. Dan untuk Client Access yang saya gunakan disini adalah IBM Client Access versi 7. Install Client Access ini dengan Full Installation, dan apabila Client Access ini sudah terinstall jalankan aplikasi Operation Console dari start menu Windows. Pada window yang muncul kita akan membuat koneksi terhadap server kita, untuk itu dari menu Connection klik New Connection, lalu klik Next, dari window yang muncul kita akan diminta untuk memasukkan Service Host Name, dan Service TCP/IP Address, untuk kasus kita, isikan dengan :

Service Host Name :         MY_AS400
Service TCP/IP Address : 192.168.10.100

lalu tekan Next, dan di window berikut nya isi kolom dengan isian sebagai berikut :

Service subnet mask :         255.255.255.0
Service gateway Address : 192.168.10.1
System Serial Number : (Isi dengan serial number server anda)
Target Partition : 1

lalu klik Next, untuk yang berikut ini biarkan sesuai defaultnya, dan Next sekali lagi, lalu tekan Finish untuk meyimpan konfigurasi yang baru kita buat ini dan kembali ke window utama. Dan di window utama kita akan melihat akan terbentuk koneksi ke server kita dengan status Disconnected.

Sampai proses ini, kita sudah siap untuk menyalakan server dan memulai proses instalasi. Klik kanan ikon koneksi di Client Access anda lalu klik Connect dan  nyalakan server dengan menekan tombol Power (berwarna putih) lalu anda bisa masukkan CD BASE ke dalam cd rom drive. Lalu tunggu beberapa saat sampai muncul dialog box untuk meminta kita memasukkan User name dan Password untuk masuk ke DST menu.

Sampai disini dulu Blogers untuk tutorial nya, saya akan lanjutkan lagi tutorial Install OS400 ini pada bagian ke Dua.

No comments:

Post a Comment