Thursday, March 14, 2013

Konfigurasi TCP/IP AS/400

Artikel berikut ini akan mencoba menjelaskan bagaimana cara nya untuk mengkonfigurasi TCP/IP AS400 anda. Dalam mengkonfigurasi TCP/IP pada AS400 anda, ada beberapa tahapan yang akan kita lakukan, berikut ini adalah rinciannya :

Konfigurasi Ethernet 

  • Login dengan menggunakan user QSECOFR pada console anda.
  • Pada command line, ketikkan command WRKHDWRSC *CMN (enter). Ini dilakukan untuk mengecek apakah Ethernet adapter terinstall pada server AS400 anda. Dari sini kita juga dapat mengetahui Resource Name yang diassign ke ethernet adapter yang terinstall.



  • Pada layar yang muncul kemudian, kita perhatikan bahwa Ethernet adapter terinstall pada server, dan CMN01 adalah Resource Name yang diberikan terhadap Ethernet adapternya. 
  • Ketik option 5 (enter) pada kolom option (Seperti pada gambar) untuk meng-create Ethernet Line. 

  • Pada layar yang muncul, create Ethernet Line dengan mengetik option 1 pada kolom option, lalu masukkan Description Namenya, contohnya ETHLINE, lalu enter.

  • Pada layar Create Line Desc (Ethernet), kita bisa melihat parameter - parameter yang bisa kita sesuaikan dengan kebutuhan kita. Untuk ini sementara kita biarkan parameter dengan nilai default, kita lanjutkan dengan enter. Langkah ini dapat juga kita lakukan melalui command dengan mengetikkan command CRTLINETH LIND(ETHLINE) RSRCNAME(CMN01) lalu enter.
  • kini kita sudah memiliki Ethernet Line dengan Description Name ETHLINE. Selanjutnya kita cek pada Ethernet kabel, hubungkan sisi yang satu ke Server AS400, dan sisi yang lainnya ke Ethernet Hub. 

  • Setelah kabel Ethernet terhubung, langkah selanjutnya adalah ketikkan option 8 (Seperti pada gambar di bawah ini) lalu enter.


  • Pada layar Work with Configuration Status, akan terlihat bahwa status Ethernet Line yang kita buat masih Varied Off, masukkan option 1 lalu enter pada kolom option. 



  • Tekan F5 untuk melihat hasil perubahan status nya, status pada Ethernet Line berubah menjadi Vary On Pending, status ini akan berubah menjadi Vary On ketika kita melakukan start TCP/IP . Langkah ini juga dapat dilakukan melalui command dengan mengetikkan VRYCFG CFGOBJ(ETHLINE) CFGTYPE(*LIN) STATUS(*ON) lalu enter.


Konfigurasi TCP/IP

Setelah kita membuat / create Ethernet Line, selanjutnya kita mengkonfigurasi TCP/IP, kita akan memberikan IP address pada server AS400 kita. Langkah - langkah nya adalah sebagai berikut :

  • Ketikkan CFGTCP pada command line, maka akan di tampilkan layar seperti gambar di bawah ini, pilih 1 untuk memberikan IP address ke AS400 
  • Ketik 1 dan pada kolom Internet Address ketik IP yang ingin anda berikan ke server AS400 anda, berikut ini adalah contoh IP address yang kita gunakan. 


  • Lalu tekan enter dan masukan ETHLINE pada parameter Line description, sesuai dengan Ethernet Line yang sudah kita buat, lalu masukan juga IP Subnet Mask yang sesuai dengan konfigurasi pada jaringan di tempat anda. Untuk parameter yang lain, kita biarkan dengan nilai default, lalu tekan enter. Alternatif lain untuk memberikan IP address adalah dengan menggunakan command : ADDTCPIFC INTNETADR('192.168.10.105') LIND(ETHLINE) SUBNETMASK('255.255.255.0') lalu enter.
 
  • Akan terlihat di sini bahwa server AS400 sudah memiliki IP address, seperti contoh di bawah ini adalah 192.168.10.105, berikutnya adalah kita akan menambahkan IP Gateway ke server AS400 ini. Kita ketik F12 untuk kembali ke layar menu Configure TCP/IP


  • Dari layar menu CFGTCP kita pilih option 2 lalu enter, dan masukan option 1 pada kolom option, dan ketikan *DFTROUTE pada kolom Route Destination, isi *NONE pada kolom Subnet Mask, dan pada kolom Next Hoop masukan IP Gateway yang sesuai dengan jaringan di tempat anda, untuk contoh kita akan memasukan nilai 192.168.10.1 untuk IP Gateway AS400 ini, lalu tekan enter.





  • Selanjutnya kita tinggal melakukan Start pada Interface TCP/IP yang sudah kita buat, untuk itu kita kembali ke layar Configure TCP/IP, lalu pilih 1 dan enter. Untuk mengetahui status dari Interface apakah aktif atau tidak kita tekan F11, dari sini kita lihat bahwa status Interface masih Inactive, untuk mengactive kan ketik 9 pada kolom option lalu enter.
 

  • Tekan F5 untuk merefresh agar kita bisa melihat apakah status dari Interface berubah atau tidak, dan apabila sukses, maka pada kolom status akan berubah menjadi Active. Langkah ini dapat pula kita lakukan melalui command line, dengan menggunakan command :                                            STRTCPIFC INETADR('192.168.10.105'), lalu enter.


  
  • Setelah ini, kita bisa mencoba melakukan Ping ke server, dan apabila terdapat respon / reply maka kita bisa melakukan login dari PC client yang terhubung dengan jaringan. 


Demikianlah tutorial untuk konfigurasi TCP/IP pada server AS400, sampai bertemu kembali pada tutorial - tutorial AS400 yang lain.
















No comments:

Post a Comment