Tuesday, February 12, 2013

Install OS400 (Bagian Ketiga) - Install AS400 License Program


Hai, selamat datang kembali diartikel tutorial iSeries untuk pemula ini. Kali ini saya akan melanjutkan tutorial untuk installasi OS400. Tutorial ini adalah bagian ketiga dari beberapa seri tutorial mengenai installasi OS400. Bagi anda yang belum sempat membaca tutorial sebelumnya, silahkan klik link berikut ini :


Setelah pada seri sebelumnya kita selesai melakukan installasi OS, maka akan ditampilkan menu AS400 Main Menu (seperti pada gambar). Menu yang ditampilkan ini sebenarnya dapat berbeda - beda untuk setiap user (di AS400 biasanya disebut User Profile), dan tergantung dari User Class dan atau Special Authority yang diberikan terhadap sebuah User Profile (kita akan membahas tentang User Class dan Authority-nya pada artikel yang mendatang). QSECOFR yang kita gunakan sekarang adalah user dengan User Class *SECOFR, bisa kita sebutkan bahwa User Class *SECOFR memiliki Authority selevel dengan ROOT bila di environment UNIX.
Ok, dari menu Main Menu AS400 ini kita akan belajar bagaimana meng-install Licensed Program, kenapa harus menginstall Licensed Program? Ya, karena pada saat kita pertama kita menginstall OS400, belum semuanya program - program ikut terinstall, jadi kita harus melakukannya dengan manual. Lalu apa saja yang di install pada proses installasi yang sebelumnya? Yaitu, beberapa Library dan Object. Untuk sementara, dalam memudahkan anda memahami tentang Library dan Object, kita sebutkan bahwa Library adalah sebuah container yang menyimpan informasi ( referensi ) sebuah object yang terdapat pada sebuah System AS400, Library sendiri adalah juga disebut Object dalam AS400. Agar tidak meluas, konsep mengenai Library dan Object akan dibahas pada artikel berikutnya.

Command yang bisa dipakai untuk mengetahui apa saja License Program yang terinstall dalam suatu system AS400 adalah GO LICPGM,



ketik command itu lalu enter dan pada menu yang muncul ketik option 10 (Display installed licensed programs).

dari layar yang muncul kemudian akan di tampilkan daftar Licensed Program yang terinstall dalam system. Berikut adalah contoh tampilannya.


Tekan tombol F11, maka akan ditampilkan Versi dan Release dari program yang terinstall.


Dan ini adalah tempilan dari Product Option yang terinstall pada System, tekan F11 dari layar sebelumnya untuk melihat tampilan ini.


Kolom Description pada tampilan tersebut merupakan nama produk Progam yang terinstall.

Untuk menginstall Licensed Program, dari tampilan ini, ketik F12 untuk kembali ke Work with Licensed Programs, lalu ketik Option 11 ( Install licensed programs ) lalu enter, di situ anda bisa memilih program - program yang akan anda install dengan cara memberi angka 1 di kolom option.

Setelah itu, tekan enter, maka proses installasi akan berjalan, tunggu sampai semuanya terinstall. Apabila pada proses installasi ini anda muncul layar Software Agreement, tekan tombol Shift + F2 (F14 = Accept) untuk menyetujui licensed agreement nya. 
Apabila sudah terinstall semua, anda dapat mengecek nya dengan memasukkan angka 10 (Display Licensed Programs), dan tampilannya akan tampak seperti pada gambar berikut ini. 

Sampai disini, saya harap anda dapat memahami bagaimana proses installasi Licensed Program pada iSeries (AS400). Untuk artikel selanjutnya, saya akan mengenai proses installasi PTF (Program Temporary Fix). 
Terima kasih atas kunjungan anda.

2 comments:

  1. Sangat bermanfaat sekali tutorialnya.Saya mau tanya kalo QSECOFR posisi disable bagaimana cara men-enable-kan lagi.Soalnya iSeries saya tidak bisa buka remote control panel gara-gara user profile QSECOFR disable.Thx.

    ReplyDelete
  2. Mas Panji, maaf baru bisa menjawab pertanyaan mas panji. Untuk meng-enable kan kembali user QSECOFR, anda bisa menggunakan user yang memiliki user class *SECADM. Lalu jalankan command CHGUSRPRF. Apabila tidak ada user class *SECADM maka, anda harus masuk ke DST dengan cara melakukan IPL MANUAL terhadap iSeries anda.

    ReplyDelete